Tips Hemat Kuota Saat Bermain Game Online di Ponsel

GrafikaNews.com - Semakin berkembangnya jaman, bermain game online tidak lagi harus mempunyai sebuah komputer lagi, saat ini hanya dengan sebuah smartphone game online dengan berbagai genre dapat dimainkan. 

Bermain game online di ponsel memang mengasyikkan. Terkadang sampai lupa waktu dan tempat kalau sudah bermain game online. Awalnya memang ingin bermain game online saat luang saja, atau saat tersambung dengan WiFi saja, misalnya.

Tetapi, kadang tanpa  disadari tetap saja kuota internet ponsel terpakai untuk bermain game online selama berjam-jam. Misalnya saat kita sedang berada di luar rumah, saat sedang menunggu antrian panjang. Tentunya bermain game online adalah cara yang asyik untuk mengusir kebosanan.

Karena bermain game online ini tak lepas dari penggunaan kuota internet, maka Anda perlu mengetahui trik dan tips agar kuota internet Anda lebih hemat meskipun Anda suka bermain game online. Yuk intip beberapa tipsnya berikut ini:

1.    Aktifkan batas pemakaian kuota di ponsel

Ponsel Anda umumnya memiliki fitur untuk membatasi pemakaian kuota internet.


Ponsel dapat secara otomatis memberikan Anda pemberitahuan saat kuota internet yang Anda pakai sudah melampaui batas yang Anda tentukan sendiri, atau koneksi internet dapat terputus secara otomatis.

Cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah masuk dalam menu setelan ponsel Anda, dan pilihlah opsi penggunaan data. Menu selanjutnya akan tergantung dari merek smartphone dan type OS Android yang Anda gunakan. Umumnya, pada menu batas data, Anda dapat memasukkan batas kuota maksimal Anda. 

2.    Tidak memainkan game dengan memori yang tinggi.

Salah satu yang membuat game memakan banyak kuota adalah karena grafis atau gambarnya yang memiliki kualitas atau resolusi tinggi.

Bermain game dengan tampilan gambar yang berkualitas memang asyik, tetapi sebaiknya dibatasi, karena akan banyak memakan kuota Anda. Jadi jika ingin lebih hemat kuota, sebaiknya mainkan game yang berukuran kecil saja. Meskipun mungkin kualitas gambar dan efeknya tidak sebagus game yang berukuran besar, namun game kecil akan lebih menghemat pemakaian kuota Anda. Dan juga sebenarnya tak kalah mengasyikkan untuk dimainkan.

3.    Pilih versi mobile saat mengakses game online dari browser

Beberapa game online tidak diakses dari aplikasi yang diunduh, melainkan dengan mengakses browser yang menyediakan game online tersebut. Jika Anda ingin bermain jenis game ini, pastikan website yang Anda akses khusus untuk ponsel. Dengan begitu, pemakaian kuota akan menjadi lebih hemat. Misalnya game pada website fun88 mobile.

4.    Sering melakukan pengecekan kuota
Hal ini juga penting dilakukan untuk lebih menghemat kuota Anda. 

Tepatnya untuk membatasi agar jangan sampai pemakaian kuota Anda berlebihan. Lakukan pengecekan kuota yang tersisa pada ponsel Anda secara teratur. Agar tidak lupa, Anda dapat membiasakan untuk mengecek kuota pada malam hari sebelum tidur misalnya. Atau pada pagi hari sebelum mulai beraktivitas. 

Dengan begitu, Anda memiliki gambaran kuota yang Anda miliki dan dapat mengontrol pemakaian kuota Anda dengan lebih baik. (*)

Tags: