Tips Belanja Online di Blibli agar Aman dan Tidak Boncos

Ilustrasi. (Sumber: Pexels.com)

Grafikanews.com — Belanja online memberikan begitu banyak kemudahan bagi kita semua. Apalagi sekarang ada Blibli, platform e-commerce yang lengkap dan terpercaya. Tapi Anda tetap perlu menerapkan tips belanja online yang tepat supaya selalu aman dan tidak boncos saat berbelanja. Jangan sampai kemudahan belanja di Blibli malah bikin boros dan rugi.

Tips Aman dan Terpercaya Belanja di Blibli

Meskipun mudah, berbelanja online memang harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai tertipu dengan produk-produk yang tidak berkualitas. Berikut ini beberapa tips aman yang bisa Anda terapkan saat berbelanja online di Blibli:

1. Pilih Toko yang Terpercaya

Pertama-tama, pilihlah dulu toko yang terpercaya dan memang menjual produk-produk berkualitas. Sebelum mengakses Blibli, Anda pasti sudah tahu barang apa yang ingin dibeli. Selanjutnya tinggal cari saja barang tersebut di toko yang terpercaya dan sudah melayani banyak pembeli. Ini adalah cara aman untuk berbelanja online tanpa harus coba-coba di toko yang pelayanannya belum terbukti bagus.

2. Pertimbangkan Harga Produk


Anda harus teliti saat melihat harga produk. Pertimbangkan baik-baik penawaran harganya dan bandingkan dulu dengan toko-toko yang lain. Di Blibli, Anda bisa menemukan banyak sekali toko yang mungkin menawarkan produk sama dengan harga berbeda. Jadi tidak ada salahnya untuk membandingkan harga sebelum membeli.

Tapi ingat ya, jangan sampai mudah tergiur dengan penawaran harga sangat murah. Harga yang terlalu murah bisa jadi indikasi bahwa produk tersebut bukanlah produk asli dan justru akan merugikan Anda. Jadi kalau ada penawaran harga sangat murah, Anda perlu memeriksa kembali berapa sebenarnya harga normal di pasaran supaya tidak tertipu.

3. Baca Review dari Pembeli

Tips belanja online berikutnya, cobalah untuk membaca review dari pembeli. Saat berbelanja di Blibli, Anda tidak hanya bisa melihat informasi produk namun juga bisa melihat review atau ulasan dari pembeli. Baca saja review tersebut dan pilihlah produk yang mendapatkan review positif.

Dalam melakukan transaksi online atau saat berbelanja online, kita tidak bisa melihat secara langsung produk yang akan dibeli. Jadi secara otomatis kita hanya bisa melihat deskripsi produk dan foto-foto barangnya. Ulasan dari pembeli bisa jadi informasi tambahan untuk membantu Anda saat memilih sebuah produk.

4. Manfaatkan Penawaran Promo

Cobalah untuk memanfaatkan penawaran promo yang disediakan oleh Blibli. Blibli adalah marketplace yang tidak hanya lengkap namun juga menghadirkan banyak penawaran promo menarik. Jika ada kesempatan untuk memakai promo atau diskon, langsung saja dipakai. Ini bisa membantu Anda belanja lebih hemat jadi tidak akan boncos meskipun sering membeli barang dari Blibli.

5. Ikuti Aturan Transaksi dari Marketplace

Ini adalah tips yang paling penting demi menjaga keamanan selama berbelanja online melalui Blibli. Pastikan Anda mengikuti aturan transaksi dari marketplace. Setiap kali melakukan pembelian barang, Anda harus memahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Apalagi untuk jenis barang yang mudah rusak seperti barang elektronik misalnya.

Saat checkout, Anda bisa mengaktifkan fitur proteksi pembeli yang dihadirkan oleh Blibli. Selain itu Anda juga harus menghindari bentuk transaksi apapun di luar marketplace. Jika ada penjual yang menawarkan transaksi di luar marketplace maka sebaiknya pembelian dibatalkan saja.

Terapkan beberapa tips belanja online tadi saat membeli produk di https://www.blibli.com/. Melalui Blibli, Anda bisa menemukan banyak sekali pilihan produk menarik dengan harga bersahabat. Belanja jadi lebih mudah, hemat waktu, dan terasa begitu praktis berkat ada Blibli.

(Red)

Tags: