Popda Cabor Pencak Silat Tingkat Kabupaten Kendal Digelar Di SMK NU 01 Kendal

KENDAL, Grafikanews.com - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Kendal cabang olahraga Pencak Silat tahun 2022 akhirnya bisa digelar di SMK NU 01 Kendal. Popda ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 14 hingga 15 Mei 2022. 

Popda dibuka oleh Kabid Olahraga Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Ali Supriyanto mewakili Bupati Kendal Dico M Ganinduto, B.Sc. Popda diikuti oleh 90 orang peserta, mulai tingkat SD hingga SMA sederajat. Kegiatan ini selain untuk pembibitan, juga dalam rangka persiapan kejuaraan Popda tingkat Provinsi Jawa Tengah,

Ketua Panitia, Muhammad Tommy Fadlurohman (Gus Tommy) mengatakan, Popda cabang olahraga Pencak Silat kali ini hanya diikuti 90 peserta, padahal targetnya diikuti 200 peserta. 

"Meski dalam keterbatasan, namun tetap semangat untuk mencetak Atlet-atlet Pencak Silat yang berpotensi. Popda ini selain pembibitan atlet, sekaligus seleksi atlet yang dipersiapkan untuk maju di Popda tingkat wilayah," kata Gus Tommy yang juga sebagai Ketua EO Kendil Wesi Sport Kendal.

Gus Tommy menuturkan, penyelenggaraan Popda digelar secara mandiri, karena kondisi masih pandemi, sehingga belum ada anggaran dari APBD. Ia berharap kepada Pemda, cabang olahraga Pencak Silat harus diprioritaskan, karena pencak silat merupakan aset bangsa yang harus dilestarikan. Selain itu banyak atlet asal Kendal yang berprestasi di luar daerah Kendal, bahkan sampai tingkat internasional.

"Makanya saya prihatin, jika Popda seperti ini minim anggaran, bahkan tidak ada anggaran sama sekali, maka ke depan saya berharap agar benar-benar diperhatikan oleh Pemda Kendal," tutur Gus Tommy yang juga anggota DPRD Kendal Fraksi Golkar. 


Sementara itu Kepala Bidang Olahraga Disporapar Kendal, Ali Supriyanto menjelaskan, bahwa melihat kondisi yang belum memungkinkan, maka untuk semua cabang olahraga agar mengadakan Popda secara mandiri. 

"Hal itu sudah disampaikan kepada semua cabang olahraga yang masuk dalam kegiatan Popda sejak awal Februari lalu, agar mengadakan seleksi secara mandiri," jelasnya. 

Setelah diseleksi, sambung Ali Supriyanto, para atlet terbaik untuk terus digembleng dan dilatih, sehingga bisa meraih prestasi di Popda tingkat Karesidenan maupun tingkat Provinsi. 

"Memang untuk Popda tingkat Kabupaten diadakan secara mandiri, tetapi untuk Popda tingkat Provinsi, Pemda siap untuk diback up. Mudah-mudahan Popda ini dapat menghasilkan atlet-atlet handal untuk berlaga di event yang lebih tinggi dan jadikan momentum ini sebagai awal meniti prestasi," pungkas Ali Supriyanto (KYD) 

BACA JUGA:

Bupati Dico Hadiri Silaturahmi Dan Peresmian Gedung Baru Lantai 8 RSI Weleri Kendal 

Usai Operasi Ketupat Candi 2022, Polres Blora Lanjut Gelar KRYD 

Pesona DTW Curug Sewu Patean Kendal Semakin Menarik