Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 58, Kemenkumham Jateng Gelar Upacara Tabur Bunga Di TMP Giri Tunggal

SEMARANG, Grafikanews.com- Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. 

Atas dasar itu, para insan Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Jawa Tengah melakukan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang, Rabu (20/04). Kegiatan ini sekaligus dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 58 tahun 2022


Seluruh prosesi upacara dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng A Yuspahruddin. Dimulai dengan penghormatan serta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di monumen oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng dan ditutup dengan kegiatan tabur bunga.


Ditemui usai kegiatan, Yuspahruddin menjelaskan makna dari Upacara Tabur Bunga tersebut.



"Kegiatan Ini dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan 58. Hal ini juga sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang kita rasakan sampai saat ini. Ini juga sebagai wujud diri dari sebuah Bangsa yang besar,"  jelasnya.


"Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengingat jasa pahlawannya, dan memberi tempat terbaik kepada pahlawannya," tambahnya.


Pada momen spesial itu, salah satu makam yang ditaburi bunga adalah makan Mantan Menteri Kehakiman, Prof. Dr. H. Muladi, SH, MH.


"Kebetulan juga di Jawa Tengah ini, di Makam Pahlawan ini ada tokoh yang dimakamkan disini, beliau merupakan senior kita, mantan Menteri Kehakiman Bapak Muladi yang luar biasa perjuangan beliau untuk Kementerian Hukum dan HAM ini sangat luar biasa," ungkap Yuspahruddin.


"Oleh karena itu kami di sini mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur, pahlawan Kementerian Hukum dan HAM sehingga kita melaksanakan ziarah ini. Mudah-mudahan kita juga bisa mengambil pelajaran bahwa kita harus melaksanakan tugas dengan intensitas yang tinggi," pungkas Yuspahruddin. 


Hadir sebagai peserta upacara, seluruh Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrasi Wilayah. Tampak juga Kepala dan Pejabat Administrasi UPT Kemenkumham se Kota Semarang. (KYD/AW) 

BACA JUGA:

Kakanwil Kemenkumham Jateng, Kembali Berikan Penguatan Mitigasi Risiko 


Lapas Pemuda Kelas IIB Plantungan, Bhakti Sosial Bantu Warga Terdampak Tanah Longsor Di Desa Mojoagung 


Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Cek Persiapan Jalur Mudik Di Alas Roban