Pemdes Pucangrejo Gemuh Gelar Musyawarah Desa Pembentukan Rumah Desa Sehat

KENDAL, Grafikanews.com - Pemerintah Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Jawa Tengah menggelar Musyawarah Desa dalam rangka sosialisasi dan pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS) bertempat di Aula Balai Desa Pucangrejo, Selasa (21/06/2022).

Musyawarah Desa tersebut dihadiri Camat Gemuh M Fatoni SE, Sekcam Gemuh Siti Maidah, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Gemuh Anton Munajat, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Gemuh serta Perangkat Desa Pucangrejo. Diikuti oleh Kader PKK, Kader Posyandu, BPD, Karang Taruna serta para Ketua RT/RW.

Dalam sambutannya Camat Gemuh M Fathoni SE mengharapkan semua elemen masyarakat di Desa Pucangrejo memiliki komitmen yang sama dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, utamanya dalam upaya menurunkan angka stunting. 
"Saya berharap dan optimis dalam kurun waktu 3 tahun, wilayah Kecamatan Gemuh akan bebas dari stunting," ucapnya.

M Fatoni mengungkapkan, di wilayah Kecamatan Gemuh sudah 10 Desa yang telah membentuk Rumah Desa Sehat (RDS), dan dalam Minggu ini diharapkan semua Desa sudah membentuk RDS.

"InsyaAllah dalam Minggu ini semua Desa di Kecamatan Gemuh telah membentuk Rumah Desa Sehat," ucapnya.

Pembentukan Rumah Desa Sehat atau RDS, sambung M Fatoni, juga merupakan amanat dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten terhadap Pemerintah Desa agar memprioritaskan penggunaan Dana Desa untuk pencegahan dan penanganan stunting.


Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Gemuh Anton Munajat menjelaskan, Rumah Desa Sehat atau RDS merupakan Sekretariat bersama bagi para Pegiat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Pembangunan Desa di bidang kesehatan.

"RDS berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan. Salah satu tujuannya yaitu untuk menurunkan angka stunting. Dengan sosialisasi ini, kami berharap para Kader dan Pegiat pemberdayaan masyarakat dapat lebih memahami stunting dan Pedoman Teknis RDS," jelasnya.

Kepala Desa Pucangrejo Agus Riyanto dalam Musyawarah Desa tersebut memimpin Pembentukan Kepengurusan Rumah Desa Sehat (RDS) di Desanya. Dirinya berharap Pengurus RDS dan seluruh elemen masyarakat berkomitmen dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Pucangrejo.

"Harapannya dengan terbentuknya RDS ini akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Utamanya dalam pencegahan stunting harus benar-benar diperhatikan dan difokuskan sehingga tercipta Desa Pucangrejo yang bebas stunting," tutur Agus Riyanto.

Dijelaskan, Musyawarah Desa dalam rangka Sosialisasi dan Pembentukan RDS ini untuk kepentingan masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan. Dengan mendayagunakan sumber daya yang ada dalam penanganan masalah kesehatan, khususnya stunting di Desa Pucangrejo. (KYD)