Gelar Tasyakuran HBP Ke 58, Kakanwil Kemenkumham Jateng Dongkrak Semangat Insan Pemasyarakatan

Kakanwil Kemenkumham Jateng, Gelar Tasyakuran HBP Ke 58

SEMARANG, Grafikanews.com - Hari Bakti Pemasyarakatan diperingati setiap tanggal 27 April setiap tahunnya. Di tahun ini, Korps Pemasyarakatan menginjak usia 58 tahun.

atas eksistensi Pemasyarakatan yang cukup panjang dalam Sistem Peradilan Pidana Terintegrasi di Indonesia, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah menyelenggarakan Tasyakuran, Rabu (27/04).

Acara di gelar secara langsung di aula Kresna Basudewa Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, dan diikuti oleh seluruh Unit Pelayanan Teknis (UPT)  Pemasyarakatan se Jawa Tengah secara virtual.

Sebelum pemotongan tumpeng sebagai simbol bentuk rasa syukur, acara lebih dulu diisi dengan laporan Rangkaian Kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke 58 oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto.

Dalam laporannya, Supriyanto mengungkapkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu program One Day One Prison Product, donor darah oleh Petugas Pemasyarakatan, pekan olahraga dan pagelaran seni warga binaan, tabur bunga dan bhakti sosial.

Selain itu, petugas Pemasyarakatan juga telah melakukan bersih-bersih massal, razia serentak, vaksinasi booster, program Pemasyarakatan Peduli UMKM, dan ditutup dengan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan.


Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng A Yuspahruddin berharap hari bersejarah ini bisa mendongkrak semangat para insan Pengayoman untuk menjadi lebih baik.

"Semoga hari jadi yang bersejarah ini bisa menambah semangat dan motivasi seluruh Insan Pemasyarakatan Indonesia, khususnya yang ada di Jawa Tengah untuk bekerja, mengabdikan pengabdian kepada Negara dengan sebaik-baiknya," ujar Kakanwil Kemenkumham Jateng.

"Semoga di usia ke 58 ini, kita bisa mewujudkan Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK Mewujudkan Indonesia MAJU Semoga Pemasyarakatan Semakin PASTI Melayani. Semoga Insan Pemasyarakatan diberikan kekuatan, keteguhan dan integritas yang tinggi untuk menjadi bagian berjalannya supremasi hukum di Indonesia," sambungnya. 

Di saat yang sama, Yuspahrudin juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan Jawa Tengah yang telah berhasil menerima penghargaan sebagai Kantor Wilayah dengan penjualan produk terbanyak di Indonesia dalam program One Day One Prison Product.

"Tentu ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kita semua, kebanggaan bersama seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Tentu penghargaan ini adalah berkat kinerja dari Bapak Ibu semua, khususnya rekan-rekan yang bekerja di Lapas dan Rutan. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih." kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kinerja yang sangat luar biasa," katanya mengapresiasi.

"Kami berharap capaian ini bisa dipertahankan, bila perlu ditingkatkan, dan tidak pada acara-acara tertentu seperti One Day One Product, tapi bisa dilakukan sepanjang waktu. Bersama itu, kami juga berharap program pembinaan kemandirian bagi WBP bisa terus dikembangkan, agar mereka menghasilkan produk-produk berkualitas," tambahnya lagi.

Pada kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Jateng juga meresmikan beberapa sarana dan fasilitas yang baru saja selesai didukung.

Tasyakuran dihadiri Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah, Kepala UPT se Kota Semarang dan Kepala UPT yang menerima penghargaan.

Tampak juga, para mitra kerja Pemasyarakatan, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenkumham Jateng, Ketua PIPAS Jateng dan Perwakilan Anggota, Pejabat Administrasi dan seluruh pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng. (KYD/AW)

BACA JUGA:

Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 58, Wujudkan Narapdana Berketrampilan Dan Produktif

Berhasil melakukan Pembinaan Kepada WBP, Kanwil Kemenkumham Jateng Raih Penghargaan

Kapolri Bersama Gubernur Jateng Pantau Arus Mudik Lebaran Di Gerbang Tol Kalikangkung