Puluhan Bangunan di Sepanjang Pantai Desa Kerdau Di Natuna Rusak Diterjang Gelombang Tinggi

Natuna, Grafikanews.com - Puluhan bangunan di pesisir pantai Desa Kedau, Kecamatan Pulau Panjang, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) rusak, akibat diterjang gelombang tinggi.

Kepala Desa Kerdau Tomi Heropim mengatakan gelombang tinggi yang melanda daerahnya sejak sepekan terakhir menyebabkan pantai mengalami abrasi, akibatnya puluhan bangunan dilokasi tersebut rusak.

"Terjadi sejak tiga hari terakhir, gelombang pasang dengan tinggi mencapai tiga meter di sepanjang pantai laut Pulau Kerdau mengakibatkan puluhan bangunan dipesisir pantai mengalami kerusakan," ucapnya melalui telfon. Selasa (31/01).

Ia mengatakan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu namun kerugian ditaksir capai puluhan juta rupiah.

"Bangunan yang diterjang gelombang pasang, bangunan sekolah TK Kasih Ibu, perumahan guru, rumah warga Pulau Kerdau, gelombang pasang juga mengakibatkan tembok penahan hancur," ujarnya.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten bisa segera mengatasi hal ini, sebab dirinya takut peristiwa itu memakan korban dan membuat kerusakan yang lebih parah.


"Salah satu solusinya dengan membuat penahan ombak, fungsinya untuk mengecilkan hempasan gelombang," ujarnya.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh warga Desa Kerdau Safar. Safar berharap kedepannya peristiwa yang sama tidak terjadi kembali sebab akan membahayakan nyawa keluarganya.

"Sekitar tanggal 28 Januari 2023, dapur rumah retak," ucapnya. (Rozali)

Tags: