Puluhan Bangkai Kambing Gegerkan Warga, Kapolres Semarang Langsung Datangi Lokasi

SEMARANG, Grafikanews.com - Penemuan puluhan bangkai Kambing jenis Domba yang tergeletak di sekitar Jembatan Sungai Serang Dusun Pamotan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang sempat menggegerkan warga sekitar. Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H A bersama Wakapolres Semarang Kompol Sigit Ari Wibowo didampingi Kapolsek Susukan AKP Yanto langsung mendatangi lokasi, Selasa (21/06/2022) 

Puluhan bangkai Kambing tersebut pertama kali ditemukan oleh Kadus Pamotan Zaenal yang sedang melintas di atas Jembatan Sungai Serang sekira pukul 07.00 WIB. Zaenal selanjutnya melaporkan hal itu ke Polsek Susukan. Diduga puluhan bangkai Kambing itu sengaja dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

"Berdasar laporan warga perihal ditemukannya puluhan bangkai Kambing di sekitar Jembatan kali Serang, kami langsung berkoordinasi dengan Satgas PMK Kecamatan Susukan, Personil TNI dari Koramil Susukan dan warga untuk melakukan penyusuran di sekitar Jembatan." kata Kapolres. 

Disebutkan, ditemukan 50 bangkai Kambing jenis Domba dalam penyusuran di lokasi sekitar Jembatan Kali Serang 

"Ada sekitar 50 bangkai Kambing yang ditemukan selama kami melakukan penyisiran di lokasi. Kami langsung koordinasikan dengan Satgas PMK Serta Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Semarang untuk dilakukan penguburan bangkai Kambing sesuai dengan protokoler penanganan PMK." jelas AKBP Yovan. 

Dari penuturan beberapa warga di sekitar lokasi, diperkirakan puluhan bangkai Kambing yang dibuang di Kali Serang merupakan Kambing dari luar wilayah Kecamatan Susukan ataupun Kecamatan Tengaran. Karena bangkai Kambing yang ditemukan berjumlah banyak, sedangkan di wilayah Tengaran maupun Susukan, diketahui tidak terdapat Peternakan Kambing jenis Domba berjumlah besar. 


"Kami pastikan bangkai Kambing tersebut merupakan Kambing dari Perternakan karena pada telinga kambing ditemukan bekas tanda anting anting kode Kambing." ungkap Kapolres. 

Saat ini Jajaran Polres Semarang masih melakukan penyelidikan dan pengumpulan keterangan untuk mencari oknum yang membuang bangkai Kambing tersebut. 

"Kami himbau kepada warga Kabupaten Semarang yang mempunyai Peternakan, dan bila ada hewan ternaknya mati akibat penyakit, silahkan menghubungi Perangkat Desa setempat. Selanjutnya akan diteruskan ke Satgas PMK Kecamatan untuk dilakukan tindakan sesuai prosedur." pesan Kapolres. (HPS/Agus P)