Polsek Cepiring Bersama TNI dan Warga Tanam 1 400 Bibit Mangrove Di Pesisir Pantai Margorejo

KENDAL, Grafikanews.com - Jajaran Polsek Cepiring Polres Kendal bersama TNI dan warga Desa Magorejo menanam sebanyak 1.400 bibit mangrove di sepanjang pesisir utara Pantai Margorejo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, Rabu (08/06/2022).

Kapolsek Cepiring, AKP Agung Setyo Nugroho mengatakan, penanaman bibit mangrove sepanjang 1 kilometer ini bagian dari upaya jajaran Polsek Cepiring bersama TNI, Pemerintah Daerah Kendal, serta warga guna mencegah terjadinya abrasi di pesisir Pantai Margorejo.

"Tujuannya untuk mengantisipasi dampak abrasi dengan memulihkan sabuk pantai. Sehingga, nantinya pohon mangrove akan tumbuh untuk menahan terjangan gelombang pasang air laut," kata Kapolsek Cepiring.

Kapolsek menuturkan, program penanaman bibit mangrove di Pantai Margorejo Cepiring ini, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke 76 Bhayangkara tahun 2022.

Pihaknya sangat berharap, bibit-bibit mangrove yang telah ditanam bersama warga ini bisa tumbuh dengan baik sebagai upaya pencegahan abrasi.

"Ini bagian dari upaya kami menjaga pesisir Pantai Kendal dari dampak abrasi. Juga untuk penanggulangan banjir rob atau air laut pasang, serta menjaga ekositem," tutur Kapolsek.


Rencananya, beberapa lokasi di pesisir pantai Kendal bakal ditanami belasan ribu pohon mangrove serentak pada Jumat mendatang. Sehingga, akan memulihkan sabuk pantai dan mencegah dampak abrasi di Pesisir Pantai Kendal. (KYD)