Pemda Natuna Sudah Siapkan Lahan 2 Hektare Untuk Relokasi Warga Bantaran Sungai Jemengan

Natuna, grafikanews.com - Untuk mengantisipasi bencana alam khususnya banjir. Pemerintah Kabupaten Natuna berencana merelokasi warga yang bermukim di bantaran sungai jemengan.

"Iya, benar tapi itu programnya nasional, untuk daerah bantaran sungai itu, memang prioritas utama di Bunguran Timur, mungkin tepatnya di jemengan dululah, karena kita akan alihkan fungsi sungai, tujuannya untuk menghindari bencana alam, banjir," Ucap Wan Siswandi kepada awak media seusai acara pembagian Sembako, minggu (23/01) di kantor Camat Bunguran Timur.

Saat ini, tambah siswandi, pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan lebih dari 2 hektar untuk kepentingan relokasi tersebut.

"Kita sudah menyiapkan lahan, nanti pembangun fisiknya dari kementerian, pemda hanya menyiapkan lahan saja," Jelasnya.

Namun kapan akan dimulai relokasi, Wan Siswandi belum bisa memastikan, karena saat ini dari pemerintah daerah baru mengusulkan ke kementerian terkait.

"Kita sudah usulkan ke kementerian, sekarang dalam pembahasan, jika tidak ada Refoucusing insyaallah di prioritaskan. Karena Natuna ini menjadi daerah strategis nasional, maka akan mempertimbangkanlah," ujarnya.


Wan Siswandi juga menjelaskan bahwa saat ini belum ada sosialisasi terkait Relokasi ini, Karena belum masuk kegiatan. (Rozali) 

Tags: