Ketua DPRD Natuna Hadiri Peresmian Pelabuhan Regional Penagi

Natuna, grafikanews.com - Operasional Pelabuhan Pengumpan Regional Penagi di Ranai saat ini sudah bisa digunakan. Hal ini ditandai dengan telah dilaksanakan acara peresmian yang dipimpin oleh Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, dan dihadiri oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi, Wakil Bupati Natuna, Rhodial Huda, serta Forkopimda Natuna. Rabu (17/01).

Sebelumnya Pelabuhan ini dilakukan Rehabilitasi untuk meningkatkan konektivitas dan pelayanan transportasi laut di wilayah Kepri, khususnya Natuna.

Proyek rehabilitasi ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 dengan total anggaran Rp15,044 miliar. Pekerjaan meliputi trestle, dermaga, lampu penerangan jalan umum tenaga surya (LPJU TS), fender, gudang, gedung terminal, dan kanopi, dengan pelaksanaan oleh PT. Yudha Perkasa Utama dan supervisi oleh PT. Priangan Raya Utama.

Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Amhar yang ikut menghadiri kegiatan peresmian ini menjelaskan bahwa rehabilitasi pelabuhan merupakan prioritas daerah Kepulauan, mengingat pentingnya akses transportasi laut dalam pembangunan daerah perbatasan.

Untuk ia menekankan bahwa aksesibilitas laut menjadi transportasi utama bagi masyarakat untuk keluar daerah dan mendistribusikan kebutuhan pokok.

“Semoga dengan beroperasinya pelabuhan pengumpan Regional Penagi ini, arus transportasi laut menjadi lebih lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,”pungkasnya.


Sementara itu, Gubernur Ansar menambahkan bahwa infrastruktur penghubung seperti pelabuhan dan sarana prasarana lainnya menjadi hal yang mendesak dalam mendukung konektivitas antarpulau.

Kolaborasi antara pemerintah daerah, provinsi, dan pusat diperlukan untuk membangun infrastruktur yang memadai. Ia juga menyerahkan aset Pemprov berupa pelabuhan Binjai dengan anggaran Rp2,5 miliar kepada Pemkab Natuna, sebagai kawasan penghubung antara Ranai dan Sedanau.

Ansar menambahkan, peresmian pelabuhan ini diharapkan dapat membantu mobilitas masyarakat Natuna serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan di wilayah tersebut.

“Sinergi antar instansi diharapkan dapat terus berjalan untuk mendukung pembangunan daerah perbatasan,”harapnya. (ali)

Tags: