Gali Potensi Daerah, Kedutaan Australia Kunjungi Natuna

Natuna, grafikanews.com - Mr. Tim Stapleton, Minister Counsellor Economic, Investment and Infrastructure dan Ms Sarah Wilis, Counsellor Political dari Kedutaan Besar Australia yang didampingi Ms Hanny Kusumanigtiyas, Person in charge, berkunjung kenatuna, selasa 28 februari 2023.

Kunjungan tersebut dalam rangka bersilahturahmi sekaligus mengali informasi tentang kondisi geografis wilayah Natuna selatan.

Kedatangan Tim Stapleton dan Sarah Wilis ini langsung disambut baik oleh Bupati Natuna Wan Siswandi S.Sos M.Si didampigi Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda dan beberapa jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan langsung mengelar rapat di kantor bupati natuna bukit arai.

Dalam rapat tersebut banyak yang dibahas terutama tentang aktivitas kehidupan masyarakat kepulauan yang dominan melaut sebagai nelayan.

Kedutaaan Australia dari bidang ekonomi dan politik ini, memerlukan informasi resmi dari pemerintah setempat, bagaimana tantangan yang kerap dihadapi masyarakat nelayan Natuna diperairan lepas yang berbatasan langsung dengan sejumlah Negara tetangga di asia.


Mereka mendapati banyak pemberitaan, bahwasannya, nelayan Natuna kerap bersengketa dengan nelayan kapal ikan asing diwilayah perairan Indonesia, terutama zona Laut China Selatan (LCS) yang kini berganti nama Laut Natuna Utara di ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) Indonesia .

Disisi lain juga dipertanyakan, bagaimana sistem pertahanan dan pola pengamanan laut yang dilakukan lembaga pengamanan perairan seperti Bakamla (Badan Keamanan Laut),

Pada kesempatannya, Wan Siswandi memaparkan lima pilar percepatan pembangunan yang telah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo, diantaranya sektor, Pariwisata, Pertahanan keamanan, Industri Migas, Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan.

“saat ini pemerintah daerah tengah berbenah melakukan percepatan dan pemerataan pembangunan di pulau-pulau tingkat kecamatan dan desa untuk mensejahterakan ekonomi masyarakatnya,” ucapnya.

Tags: