Zoom Meeting Dengan Kemenkominfo, Bupati Fauzan Paparkan Perkembangan Smart City di Lombok Barat

Giri Menang, Grafikanews.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) melakukan rapat evaluasi program gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 secara zoom meeting bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI dari Ruang Jayengrana Kantor Bupati Lobar, Selasa (4/10).

Pada kesempatan itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menyampaikan ucapan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk memaparkan tentang perkembangan Smart City di Kabupaten Lombok Barat serta rencana ke depannya agar Smart City dapat memberikan banyak manfaat kepada Kabupaten Lombok Barat. 

"Dalam mewujudkan pelaksanaan Smart City yang baik, kami telah membentuk dan berkolaborasi dengan berbagai pihak tidak hanya internal. Tetapi juga dengan pihak eksternal seperti perguruan tinggi. Selain itu, kami pun juga sudah beberapa kali mendapat pelatihan dari Kemenkominfo," terangnya. 

Lebih lanjut bupati dua periode ini juga menyebut, bahwa jika dilihat dari segi sistem, Kabupaten Lombok Barat dapat dikatakan telah siap. 

"Salah satu hambatan yang cukup bermasalah ialah sinyal. Masih banyak daerah yang kemungkinan untuk dikembangkan menjadi daerah wisata, tetapi tidak memiliki sinyal untuk mengakses internet," tegasnya. 

Ayah dua anak ini juga menambahkan bahwa Kabupaten Lombok Barat berharap untuk ke depannya  terdapat lebih banyak lagi pelatihan-pelatihan, karena pada saat ini telah disosialisasikan agar di masing-masing OPD terdapat staff yang dapat menulis berita dan menginput data.


Sementara itu Supervisi dari Kemenkominfo RI Hari Kusdaryanto mengatakan dari sesi evaluasi yang telah disampaikan terkait Smart City, Kabupaten Lombok Barat paling lengkap. 

"Tadi kita lihat Kabupaten Lombok Barat paling lengkap terkait program gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022. Mulai dari Smart Branding, Smart Goverment, Smart Economy dan lain sebagainya," katanya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat Sekda Lobar H. Ilham, Para Asisten, Kepala OPD dan Para Camat. (Red)

Tags: