Puskesmas Karang Bintang Gelar Vaksinasi Bagi Ibu Hamil

BATULICIN, Grafikanews.com - Puskesmas Karang Bintang menggelar vaksinasi bagi ibu hamil, bertempat di SMP 4 Karang Bintang, Sabtu (11/9/2021).

Satu persatu ibu hamil ini memasuki ruangan sekolah SMP 4 Karang Bintang untuk di screening oleh Petugas Medis Vaksinator Puskesmas Karang Bintang.

Nampak terlihat dr. Zuraida hafni salah satu petugas medis vaksinator Puskesmas Karang Bintang melakukan screening kepada ibu hamil sebelum disuntik vaksin sinovac.

Dalam proses screening,  petugas menanyakan tentang kondisi pasien, memeriksa tekanan darahnya dan menanyakan sudah berapa bulan kehamilan.

Kepala Puskesmas Karang Bintang, Idris mengatakan sebanyak 56 dosis vaksin sinovac telah disiapkan untuk vaksinasi Ibu hamil kali ini.

"Bagi ibu hamil yang dilakukan vaksinasi ini minimal kehamilannya diatas tiga bulan, karena di usia kehamilan yang kurang dari tiga bulan tersebut biasanya banyak keluhan seperti muntah-muntah, mual dan bisa juga pusing-pusing, maka dari itu kami ambil di atas tiga bulan," jelasnya.


Idris juga menjelaskan bahwa ibu hamil yang diatas tiga bulan yang masih belum mengikuti vaksinasi agar nanti bisa segera mengikuti. "Nanti kita lakukan sosialisasi kepada ibu hamil yang masih belum vaksin," katanya.

"Jadi vaksin yang kita gelar hari ini selain ibu hamil kita juga menyasar kepada masyarakat umum untuk tahap satu dan dua dan tenaga kesehatan (nakes) untuk tahap ketiga," terangnya.

"Saya menghimbau kepada masyarakat mesti sudah divaksin namun kita tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes) 5M, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumbunan,menjaga jarak serta membatasi mobilisasi," pungkas Idris.

 

 

 

 

Tags: