Pramuli Kwarran Tengaran, Dampingi Polisi Atur Lalin Selama Arus Mudik dan Lebaran

SEMARANG. Grafikanews.com-- Ada yang beda saat melintas dipospam Kembangsari Tengaran, kabupaten Semarang,  selama arus mudik dan balik 2022, dimana puluhan anggota Pramuka Peduli (Pramuli) ikut dalam pengaturan lalin dan memberi rasa aman  kepada warga yang melintas di Jalan Solo – Semarang tepatnya di kawasan Pasar Kembangsari.


Menurut wakil Kwartir Ranting Kecamatan Tengaran, Edy  Setyo  Hartanto mengatakan anggota Pramuli gugus Dewan Kwartir Ranting (DKR) ikut serta dalam pengamanan lalu lintas H-4 Lebaran.

“Yang ikut dalam kegiatan ini yakni adik adik Pramuka dari SMA Tengaran, MAN Tengaran dan SMK Tengaran, serta bapak ibu guru yang tergabung dalam Pramuli" kata Edy (29/4/2022)


Menurutnya anggota yang ikut dalam kegiatan kali ini dari Pramuli ada 19 orang dan 17  DKR  dan  sekolah yang ikut organisasi ini,” tambahnya.



Tugas utama Pramuli dan DKR tersebut untuk membantu peran kepolisian dalam mengatur lalu lintas.

“Jadi kita disini untuk membantu kepolisian  apalagi kan momen ini yakni momen H-4 Lebaran sampai H 

Plus 7  pasti arus lalu lintas disekitar sini meningkat,” paparnya.


Dalam melaksanakan tugas Pihaknya bekerjasama dengan Polsek Tengaran. Anggota Pramuli berada di pos Kembangsari dan Sruwen, mereka dibagi dalam dua shift yakni pukul 08-00-12.00 WIB dan 13.00-17.00 WIB. Sekali shift ada empat orang yang berjaga, sementara itu saat bertugas adik pramuka  tidak dilepas bergitu saja, tetapi tetap didampingi oleh Kakak  seniornya,


 Menurut kakak Edy 

Dengan adanya kegiatan seperti ini pihaknya berharap lebaran 2022 dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga di Lebaran 2022 ini dapat berjalan dengan lancar tidak ada kejadian apapun, saat pemudik melintas disini  pengguna jalan merasa aman dan nyaman,” harapnya.


Kakak Galuh Prasetyo Adi, salah satu anggota Pramuli Tengaran merasa bangga bisa tergabung dalam ivent tahunan mudik kali ini "jujur saja,  saya merasa tepanggil bisa membantu sesama,  apalagi mudik kali ini cukup ramai setelah 2 tahun sebelumnya tidak ada mudik" ungkap Galuh yang juga guru SD Klero 1 Tengaran ini bangga. 


Senada dengan Galuh,  bagi Dedy Hermawan  anggota Pramuli yang lain juga merasa senang bisa ikut bergabung membantu posko Pengamanan mudik "semoga apa yang kita lakukan ini bisa bermanfaat bagi sesama,  apalagi jalan raya jelang lebaran selalu ramai kendaraan dan kadang mereka butuh bantuan" pungkas guru SD Karangduren 4 Tengaran yang juga pemilik usaha Bisma Komputer ini.


(Agus P)

Tags: