Operasi Zebra 2022 dimulai, Polres Semarang laksanakan Gelar Pasukan.

Semarang, Grafikanews.com - Pelaksanaan Operasi Zebra 2022 secara serentak telah dimulai hari ini Senin, 03 Oktober 2022 hingga 16 Oktober 2022 di seluruh jajaran Polda Jawa Tengah. 


Hari ini 03 September 2022 Polres Semarang melaksanakan Gelar Pasukan Ops Zebra Candi 2022. Bertempat di Lapangan Apel Polres Semarang, Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H A, SIK, MH., memimpin jalannya gelar pasukan yang juga dihadiri Forkompimda Kab. Semarang dan instansi terkait. 


Dalam amanatnya AKBP Yovan membacakan arahan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi SH, S.St, MK., yang mengedepankan adanya koordinasi antar stakeholder, instansi terkait agar terjalin keselarasan langkah dalam menciptakan Kamseltibcar lantas yang dilaksanakan menggunakan Edukasi, Persuasif dan Humanis. 



Sesaat setelah pelaksanaan gelar pasukan dihadapan awak media Kapolres Semarang didampingi Kasat Lantas AKP Dwi Himawan C. SIK, MH., menyampaikan bahwa Jajaran Polres Semarang akan bersinergi dengan instansi terkait dalam Ops Candi Zebra 2022 kali ini. 


"Dalam Ops. Candi Zebra kali ini mengedepankan edukasi, tindakan persuasif dan sosialisasi. Serta memaksimalkan penindakan Tilang Elektronik (E-TLE)." Ungkapnya. 


Kapolres juga menambahkan ada 7 sasaran prioritas dalam Ops. Zebra Candi 2022 kali ini antara lain :

1. Penggunaan Handphone saat berkendara.

2. Pengemudi dibawah Umur.

3. Pengemudi sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang.

4. Pengemudi sepeda motor tidak menggunakan Helm SNI, dan Pengemudi kendaraan roda 4 atau lebih tidak menggunakan Safety Belt/Sabuk Pengaman.

5. Pengemudi kendaraan tidak dalam pengaruh minuman beralkohol/obat terlarang.

6. Pengemudi kendaraan yang Melawan arus.

7. Pengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan. 


Kapolres berharap kepada masyarakat Kab. Semarang agar meningkatkan tertib berlalu lintas guna menekan fatalitas angka kecelakaan di jalan raya, pihaknya juga akan memberikan edukasi dan sosialisasi secara Humanis kepada para pengguna jalan, sekolah sekolah hingga pihak perusahaan pabrik di kawasan Kab. Semarang.


(Agus P / Sumber : Humas Polres Semarang)

Tags: