Menteri Sosial Kunjungi Tarno Warga Patean Kendal, Penderita Tumor Otak

KENDAL, Grafikanews.com - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengunjungi Tarno (32) penderita Tumor Otak, warga Dusun Blimbing RT 07 RW 01 Desa Mlatiharjo Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Jumat (20/05/2022).

Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Tony Ari Wibowo bersama Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Rachmat beserta Team. Kunjungan tersebut untuk melihat langsung kondisi Tarno yang menderita Tumor Ganas di bagian Kepalanya.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan, agar pihak keluarga Tarno tetap sabar dalam menghadapi ujian ini. Risma juga mendoakan dan akan berupaya semaksimal mungkin membantu meringankan beban Tarno.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para donatur dan orang-orang baik yang sudah memberikan sumbangan kepada penderita, dan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan media karena sudah memberikan informasi melalui pemberitaan tentang kondisi penderita penyakit ini Kabupaten Kendal," kata Risma. 

Risma berpesan, agar Tarno tidak boleh susah dan stres pikirannya, sehingga dapat membantu proses pemulihan kondisinya.

"Penyakit yang diderita oleh saudara Tarno ini untuk proses kesembuhannya membutuhkan waktu yang panjang, sehingga saudara Tarno juga meminta bantuan dari komunitas kitabisa.com terkait dengan pendanaannya," jelas Risma. 


Kementerian Sosial memberi bantuan tahap awal, berupa beras, roti, susu, madu, air mineral, pempers, tisue basah, tisue kering, sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, sikat gigi dan lainnya. 

Selain itu, juga diberikan bantuan Kursi Roda, Tongkat Tripod, bantuan biaya operasional sehari-hari di rumah sakit senilai  Rp 2 Juta, serta bantuan tambahan untuk Usaha Jual Beli Pulsa dan Servis HP dan Bensin eceran sebesar Rp 6 Juta. 

Perwakilan dari kitabisa.com dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya hingga saat ini sudah memberikan bantuan pendanaan senilai Rp 67 Juta, dan siap mengawal Tarno yang menderita Tumor di bagian kepalanya hingga pulih kembali.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Tony Ari Wibowo dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa, Tarno sebagai Penerima Manfaat (PM) yang menderita Tumor Otak, status ekonominya di bawah rata-rata, sehingga butuh perhatian dari semua pihak.

"Masyarakat lingkungannya sangat perhatian dengan memberikan bantuan-bantuan, berupa sembako maupun dana. Baik itu tetangga, masyarakat umum, Organisasi dan Pemerintah Desanya," ucap Tony. 

Tony menambahkan, untuk sementara bantuan yang diberikan dari Pemerintah Daerah kepada saudara Tarno, diantaranya seperti peralatan alat bantu, kasur, sembako, makan, selimut, dan pemantauan kesehatan dari Dinas Kesehatan. Pihaknya juga akan mengusulkan terkait bantuan sosial untuk Tarno. 

"Selama ini bantuan masih menggunakan atas nama Teguh, bapaknya Tarno, karena masih dalam satu KK. Namun ke depan akan kita usulkan agar dua-duanya tetap mendapatkan bantuan, mengingat kondisi keduanya layak untuk mendapatkan bantuan," jelas Tony. 

Teguh (56) selaku Ayah kandung dari Tarno mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini yang sudah mengunjungi anaknya dan sangat perhatian kepada rakyat kecil.

"Terima kasih Ibu Rismaharini yang sangat perhatian kepada kami rakyat kecil. Dan dengan sangat santun datang ke rumah untuk melihat langsung kondisi anak saya yang sedang sakit. Semoga kebaikan Bu Risma mendapatkan balasan yang baik juga dari Allah SWT," ucap Teguh. 

Teguh juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Kendal, dan Pemerintah Desa Mlatiharjo, serta masyarakat, para dermawan, Organisasi atau Lembaga kitabisa.com yang selama ini sudah membatu pendanaan dan dukungan moral untuk kesembuhan anaknya. (KYD)