Lombok Barat Raih Predikat Madya Kabupaten Layak Anak 2021

Giri Menang, Grafikanews.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil meraih predikat madya pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2021 yang dianugerahkan secara daring melalui Zoom Meeting Room dan Live Streaming Youtube Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. 

Kabupaten Lombok Barat sendiri mengikuti Zoom Meeting dari Ruang Jayangrane di Kantor Bupati Lobar, Kamis (29/7). 

"Selamat kepada daerah yang menerima penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2021. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi dan ini sebagai pedoman untuk terus semakin maju dalam memenuhi hak dan perlindungan anak di daerah masing-masing," kata Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati saat membuka Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2021 secara Zoom Meeting. 

Dia menyebut, Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) merupakan Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

"Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak akan kita berikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim dari Kementerian PPPA atau Lembaga terkait melakukan verifikasi administratif, verifikasi lapangan, hingga verifikasi final. Kemudian evaluasi kita lakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan dan pada akhirnya bermuara pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak," sebut Gusti Ayu. 

Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak kata dia, terdiri atas lima predikat, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak. Pada tahun 2021 perolehan total penghargaan mengalami peningkatan dari tahun 2019 yakni 259 menjadi 275 di kabupaten/kota.


Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan bahwa tahun lalu Kabupaten Lombok Barat memperoleh Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak predikat Pratama dan alhamdulillah tahun ini naik satu tingkat yakni memperoleh predikat Madya. 

"Kita di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ada dua kabupaten dan satu kota yang memperoleh Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2021 untuk predikat Madya yakni Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Dompu dan Kota Mataram," sebut Bupati Fauzan. 

Ke depan dia berharap, predikat ini bisa ditingkatkan kembali ke predikat Nindya. 

"Memang ada beberapa kelemahan kita terutama dari sisi pemekaran di dinas dan juga keterlibatan dari pihak ketiga (perusahaan). Tetapi kita tetap konsen untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak, karena kita banyak punya peraturan bupati (Perbup) dan bahkan peraturan daerah (Perda) khusus terkait pendewasaan usia pernikahan," terangnya. 

Dia juga mendorong perusahaan-perusahaan di Lombok Barat untuk ikut berpartisipasi terkait bagaimana supaya perhatian terhadap anak-anak semakin tinggi. (Red)

Tags: