Ketua Umum PMI Yusuf Kalla Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Batulayar

Giri Menang, Grafikanews.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), HM. Jusuf Kalla meninjau Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar Barat, Kecamatan Batulayar, pasca banjir bandang yang menerjang wilayah tersebut tiga hari lalu. 

Dalam kunjungan tersebut, Yusuf Kalla mengecek Posko Penanggulangan Bencana Banjir Bandang, termasuk mengecek kehadiran relawan PMI. 

Ketua Umum PMI Yusuf Kalla, dengan didampingi Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Danrem/162 Wira Bhakti, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, tiba di Dusun Batulayar Utara pada Rabu, (8/12). Dia langsung diterima Bupati Lobar H. Fauzan Khalid didampingi Wabup Lobar Hj. Sumiatun dan langsung menyapa masyarakat di posko pengungsian. 

"Bulan Desember, Januari dan Februari sudah turun hujan. Dan kejadian ini adalah peristiwa alam yang harus kita perbaiki," ujar JK saat ditemui awak media. 

Mantan Wapres RI ini menghimbau kepada masyarakat untuk disiplin memperbaiki selokan dan jangan ada pembalakan hutan. 

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menegaskan, sambil melihat cuaca dan membiarkan mereka dari hasil pantauan dan hasil kajian dari teman-teman di bawah belum membahayakan. 


"Seperti teman-teman wartawan lihat, kita pararel termasuk melakukan pembersihan sudah ada tiga alat berat yang bekerja sehingga dua tiga hari kedepan kita harapkan kepada masyarakat yang mengungsi sudah bisa kembali," katanya. 

Dia menyebutkan titik bencana yang dialami hujan pada dari Minggu sampai Senin kemarin sekitar sepuluh titik bencana. Tetapi yang menimbulkan korban jiwa sebanyak lima orang ada di Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar Barat, Kecamatan Batulayar. (Red)

Tags: