Kakanwil Kemenkum HAM Kunjungi DPRD Tanbu Bahas Kerjasama Pembangunan Lapas Kelas III Batulicin, Ini Kata H Upi

(Foto : Istimewa)

BATULICIN, Grafikanews.com - Ketua DPRD Tanbu H. Supiansyah menyambut kedatangan Rombongan Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (24/5/2021). Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka berkoordinasi sehubungan kerjasama pembangunan Lapas Kelas lll Batulicin.

Kepala Kantor Wilayah Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi Kalsel, Tejo Harmanto yang di dampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah dan Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan Ham Riswandi serta Kepala Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Batulicin l Gusti Ibrahim, Kepala Balai Permasyarakatan Kelas ll Batulicin, Indra Gunawan dan Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas ll A, Hidayat beserta staf lainnya mengatakan, kunjungan ini dalam rangka berkordinasi sehubungan kerjasama pembangunan Lapas Kelas lll Batulicin.

Karena hal ini tak terlepas dari andil Pemkab Tanah Bumbu, ungkap Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi Kalsel, Tejo Harmanto yang di dampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham, Ngatirah dan Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan Ham Riswandi serta Kepala Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Batulicin l, Gusti Ibrahim, Kepala Balai Permasyarakatan Kelas ll Batulicin, Indra Gunawan dan Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas ll A, Hidayat beserta Staf lainnya.

"Jadi kedepan, bukan hanya pembangunan, namun juga perlakuan warga binaan Lapas Kelas lll Batulicin juga akan di bantu oleh DPRD serta Pemkab Tanah Bumbu,"ungkap Tejo

Lebih lanjut Tejo menjelaskan, pada pertemuan tadi, Ketua DPRD meminta agar hak-hak warga binaan yang ada di Kelas lll Batulicin nanti diberikan sesuai aturan yang berlaku.

"Tadi Ketua DPRD dan Bupati Tanah Bumbu meminta agar hak asasi manusia dan pelayanan hukum terhadap warga binaan yang berasal dari Tanah Bumbu agar diutamakan, yang mana nanti ini akan menjadi pilot projeck perlakuan warga binaan di Kalimantan Selatan," jelas Tejo.


Sementara Ketua DPRD Tanbu H Supiansyah mengatakan dengan melihat banyak warga Tanah Bumbu yang berada di Lapas Kotabaru, hingga mengakibatkan over kapasitas penampungan disana dirinya bersama Bupati Tanah Bumbu memberikan bantuan percepatan pembangunan Lapas Batulicin.

"Jadi selain memberikan dua blok bangunan, kami juga memberikan operasional Lapas Batulicin, jelas H. Upi sapaan akrab Ketua DPRD Tanbu.

"Hal ini karena kami sangat prihatin dengan warga Tanah Bumbu yang berada di Lapas Kotabaru, yang mana berdesakan kerena over kapasitas. Untuk itu kami memberikan bantuan agar secepatnya Lapas Batulicin bisa segera dioperasikan," pungkasnya. [Red]

Tags: