Gandeng Media, Bawaslu Lombok Barat Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu

Lombok Barat, Grafikanews.com — Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Lombok Barat, NTB, Basriadi  yang mewakili Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lombok Barat, mengajak para Media dan pegiat media sosial (medsos) untuk menjadi pengawas partisipatif pada Pemilu Serentak 2024.

"Bawaslu saat ini sangat berharap betul kepada teman-teman media menjadi partner terdepan kami ketika nanti dalam proses di pencegahan maupun pengawasan dan penindakan pada Pemilu 2024," ujar Basriadi, Selasa (31/1) saat menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Serentak 2024 Bersama para Media Lombok Barat.

Menurutnya, peran serta media menjadi salah satu ujung tombak Bawaslu. Selain itu juga di dalam lembaga pengawas penyelenggaraan pemilu itu sudah ada lembaga DKPP, Badan Pengawas Pemilu serta Komisi Pemilihan Umum. 

"Tentu saja kualitas, kemudian jam terbang, mobilitas, dan networking-nya teman-teman media terutama di media mainstream ini sangat berguna bagi kami ketika kami bisa berkolaborasi," katanya.

Basri menambahkan, dengan keterbatasan personil di lombok barat dirinya kepada masyarakat serta rekan-rekan media mampu memberikan akses informasi, terutama ditingkat bawah.

"Ya kita sangat keterbatasan personil terutama tingkat kecamatan dan di setiap kecamatan hanya memiliki 3 (tiga) orang personil dan pengawas di desa hanya 1 (satu) orang. Sehingga pemilu di tahun 2024 bisa berjalan lancar dan pentingnya pemilu mampu mencetak pemimpin yang baik," paparnya.


Ia juga berharap untuk mengawal Pemilu, baik Pemilu baik legislatif maupun Kepala Daerah ditingkat Lombok barat pentingnya pengawasan ini untuk mengawasi Pemilu ini. Dan tidak cukup KPU dan Bawaslu mengawal pemilihan ini tanpa melibatkan masyarakat dan media.

"Dan ini merupakan sifat gotong-gorong masyarakat kita dan pemilu ini sangat wajib melakukan kolaborasi dengan media." terang Basriadi.

Lanjut kata dia, dirinya juga tidak menyangkal kemungkinan adanya kekeliruan dan berharap agar media dapat mengontrol kegiatan Bawaslu Lombok Barat.

"Kami mengucapkan terimakasih atas pengawas media," tutupnya. (Red)

Tags: