Dinsos Tanbu Beri Pelatihan Keterampilan Kerja untuk Remaja Putus Sekolah dan Keluarga Kurang Mampu

BATULICIN, Grafikanews.com - Sebanyak 8 peserta remaja putus sekolah dan keluarga kurang mampu diberangkatkan Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu guna mengikuti pelatihan keterampilan Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) "Budi Satria" Angkatan 86 dan klien pelatihan keterampilan Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) "Melati" Angkatan 26 di Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Pelepasan 8 remaja putra putri ini dilakukan di halaman Dinas Sosial Tanah Bumbu menggunakan mobil trevel yang didampingi pegawai Dinas Sosial Tanbu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu, Basuni melalui Kasie Penanganan Orang Terlantar, Linda mengatakan, Dinas Sosial melakukan pelepasan total 8 siswa siswi peserta untuk pelatihan keterampilan.

"Jadi dari total 8 peserta, 4 peserta mengikuti pelatihan Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) "Budi Satria dan 4 orang lainnya mengikuti pelatihan keterampilan Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) melati di Banjar Baru," jelas Linda kepada wartawan Grafikanews.com, Selasa (6/7/2021).

Pelatihan ini lanjut Linda, diadakan dua kali dalam satu tahun, setelah selesai mengikuti latihan pendidikan selama 6 bulan, selanjutnya akan mendapatkan bantuan modal berupa peralatan keterampilan sesuai dengan jurusan yang diikuti.

"Pelatihan PSBR ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan kerja kepada peserta, agar nantinya mereka bisa mandiri dan bisa mengangkat perekonomian keluarganya," jelas Linda.


Sementara untuk pelatihan PSBW, Linda menjelaskan tujuannya untuk memberikan keterampilan kepada perempuan rawan sosial ekonomi agar bisa mandiri dan meningkatkan perekonomian selepas pelatihan.

"Untuk itu, Kepala Dinas Sosial Tanbu, Basuni berharap agar para peserta pelatihan serius dalam mengikuti pendidikan, karena sudah terpilih dari sekian banyak orang yang mendaftar. Selain itu, beliau juga menambahkan agar para peserta menjaga nama baik Kabupaten Tanah Bumbu selama berada di asrama," tutupnya. (Jon)

 

Tags: