Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang Launching Desa Anti Korupsi TA. 2022

SEMARANG.Grafikanews.com - Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P., mewakili Pangdam IV/Diponegoro hadir pada kegiatan Launching Desa Anti Korupsi TA. 2022. Bertempat di lapangan Desa Banyubiru. Kecamatan Banyubiru. Kabupaten Semarang. Selasa (29/11/2022).


Ketua panitia Deputi bidang Pendidikan dan peran serta masyarakat Wawan Wardiana dalam sambutannya menyampaikan, pembentukan Desa anti korupsi di Tahun 2022 merupakan tindak lanjut dari program di tahun 2021.


Program dilakukan mendasari adanya keprihatinan kejahatan korupsi yang sudah merambah sampai ke tingkat desa, harapannya bahwa tingkat Desa ini merupakan garda terdepan khususnya dalam rangka mencegah tindak di dalam korupsi.



“KPK menyadari bahwa pemberantasan korupsi tidak mungkin hanya dilakukan oleh KPK sendiri tetapi perlu adanya peran serta masyarakat seluruh elemen untuk berkontribusi termasuk masyarakat di Desa,”ucapnya.


Ada 10 Desa terpilih pada 10 provinsi di Indonesia, dimana berkat kegigihan semangat tekat yang kuat, melalui beberapa tahapan yang cukup panjang sehingga beberapa desa daerah provinsi dapat dijadikan dan berhak menyandang pendidikan percontohan Desa anti korupsi Indonesia Tahun 2022.


Sementara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara menyampaikan, dari 10 jumlah Desa yang sudah ada, dan berdasarkan hasil penilaian sudah baik kita buatkan list terus kemudian kita sebarkan.


“Yakinkan seluruh kader dan aparatur sipil untuk melakukan replikasi contoh baik dari 10 Desa anti korupsi di Indonesia, prakteknya di masing-masing wilayah Provinsi tempat mobilitasnya harus transparan dan betul-betul terbuka,”ucap Ganjar.


Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Komjen Pol. Firli Bahuri, M.Si., Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Dr. (H.C.) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M. Pd., Menteri Dalam Negeri diwakili oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Prasetyanto, Kepala BNN RI diwakili oleh Inspektur Utama BNN RI Irjen Pol Drs. Wahyono., MH., CFra., Menteri Keuangan RI di wakili oleh Inspektur Jendral Awan Nurmawan, Gubernur Jateng Ir. H. Ganjar Pranowo, SH,.M. IP., Danrem 073/Makutarama, Kapolda Jateng diwakili Irwasda Polda Jateng, Forkopimda Provinsi Jateng, Gubernur dari 10 Desa Percontohan, Forkopimda Kabupaten Semarang Dandim 0714/Salatiga, Kapolres Kabupaten Semarang.(Penrem 073/Makutarama/Agus P).

Tags: