Beberapa Doa dan Amalan Lancar Rezeki dalam Al-Qur'an

Image by Freepik

Grafikanews.com - Berdoa merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Bagi umat muslim, doa adalah senjata yang ampuh untuk mewujudkan keinginan maupun pengharapan.

Sebagai hambanya yang ingin diberikan keberkahan rejeki dunia maupun akhirat, sudah sepatutnya sebagai umat muslim untuk tidak putus-putus dalam memanjatkan doa.

Niatkan dengan segala kerendahan hati yang tulus dihadapan sang khalik.

Doa juga harus dibarengi dengan usaha agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Dalam Al-Quran surat Gafir ayat 60 Allah SWT berfirman akan kekuatan doa:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْ


wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina".

Untuk itu, berikut dilansir dari beberapa sumber (21/1/2023). Beberapa doa dan amalan lancar rejeki yang bisa dibaca setiap hari:

 

Doa Lancar Rejeki Surat Al Maidah ayat 114

Doa agar rezeki lancar ini sebelumnya pernah dibacakan oleh Nabi Isa AS. Berikut bacaannya:

اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Allaahumma rabbanaa anzil 'alainaa maa'idatam minas samaa'i takunu lana 'iidal li'awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam mingka warzuqnaa wa anta khairur raaziqiin.

Artinya: Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki dan Engkaulah sebaik-baiknya pemberi rezeki.

 

Doa memohon rezeki dari Surat Al Qasas ayat 24

Doa memohon kemudahan rezeki berikut, sebelumnya pernah dipanjatkan oleh Nabi Musa AS ketika dilanda kesulitan.

رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khairin faqiir

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku.

 

Doa memohon rezeki oleh Ibnu Umar RA

Doa berikut bermakna memohon kemudahan rezeki, terutama ketika sedang putus harapan karena seret dan meminta pada Allah SWT supaya kembali dilancarkan pintu rezekinya:

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radhdhini bi qadha 'ika, wa barik li fima quddira li hatta la uhibba ta 'jila ma akhkharta, wa la t khira ma 'ajjalta.

Artinya: Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang kau tunda dan enggan menunda apa yang kau segerakan.

 

Doa Lancar Rezeki dan Terbebas dari Utang

Allaahumma ya ghaiyyu yaa mughnii aghinii ghinan abadan wa yaa 'aziizu ya mu'izzu a'izzanii bi i'zaazi 'izzati qudratika wa yaa muyassiral umuuri yassirlii umuuraddunyaa wad diini yaa khaira man yurjaa yaa allahu.

Artinya: Ya Allah, Dzat yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, beri lah kekayaan kepadaku yang abadi. Wahai Dzat yang Maha Mulia yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling baik, ya Allah.

 

Amalan Rejeki Mengalir Deras

Selain doa, ada beberapa amalan juga yang bisa dilakukan untuk memohon rejeki pada Allah SWT. Setiap selesai sholat subuh Anda bisa membaca beberapa amalan berikut:

La ilaha illallah. Almalikul haqqul mubin (dibaca 100 setiap hari 100 kali)

Subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil adzim, astaghfirullahal adzim (dibaca 100 setiap hari 100 kali)

- Setiap hendak melakukan kegiatan atau berpergian untuk menjemput rezeki, awali dengan basmalah, lalu dilanjut membaca doa-doa memohon kemudahan rezeki.

Sedangkan zikir untuk dipermudah segala urusan, bisa melafalkan bacaan berikut:

Yaa Hayyu Yaa Qoyyum, bi-rohmatika as-taghiits, wa ash-lih lii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin Abadan

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dariMu)."

Dzikir ini dibaca sebanyak satu kali. Disebutkan bahwa Nabi SAW mengajarkan zikir ini pada Fathimah agar diamalkan pada pagi dan petang. (Red)

Tags: