Apel Gelar Pasukan Tandai Zebra Intan 202

BATULICIN, Grafikanews.com - Operasi Kepolisian Kewilayahan bertajuk Zebra Intan 2021 ditandai Polres Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dengan menggelar apel gelar pasukan di Mapolres Tanbu, Kalimantan Selatan, Senin (15/11/2021).

Apel dipimpin langsung Kapolres Tanbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih. Dalam sambutannya, Himawan membacakan amanat Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan.

"Gelar pasukan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan ni operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai tujuan serta sasaran yang sudah ditetapkan," tuturnya.

Menurutnya, dalam operasi Zebra Intan Tahun 2021 tidak berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas/tilang. Namun perlu dipedomani giat diarahkan pada pola preemtif dan preventif berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat dan meningkatkan kembali bahwa kita masih masih menghadapi pendemi Covid-19.

Pola ini, lanjut Hinawan, digunakan adalah 100 persen tindakan simpatik dalam rangka membangun trust kepada masyarakat.

Himawan menjelaskan,  guna mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang lebih baik menyongsong pengujung tahun 2021, akan dilaksanakan OPS Zebra Intan tahun 2021 mulai 15 hingga 28 November 2021.


"Jadi operasi ini sebagai upaya cipta kondisi dalam rangka pengamanan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022," terang Hinawan.

"Saya akan menyampaikan penekanan dan arahan dari Korlantas Polri untuk Pedoman dan melaksanakan tugas saat pelaksanaan OPS Zebra Intan tahun 2021 sebagai berikut," imbuhnya.

Pertama, sambungnya, melaksanakan giat edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas berupa baksos, pembagian masker, pemasangan sticker ayo pakai masker dan lain-lain.

Kemudian kedua; melaksanakan giat penluh kepada masyarakat tentang prokes dan cara aman berlalu lintas serta membantu masyarakat lain.

Selanjutnya ketiga; para PJU dan Kasat Lantas jajaran lakukan pengawasan secara ketat dilapangan serta berikan tindakan tegas kepada anggota apabila ada yang melanggar.[Joni

 

 

 

 

Tags: