6 Ide Memadukan Baju Koko Exclusive Agar Lebih Kasual

Ilustrasi. (Doc:blibli)

Grafikanews.com — Salah satu ciri khas baju koko adalah memiliki kerah yang pendek dan naik. Istilah untuk menyebut kerah seperti ini adalah band collar atau mandarin collar. Bukan hanya dikenal sebagai pakaian pria muslim, pakaian dengan kerah seperti ini juga banyak digunakan di luar negeri dengan gaya yang kasual.

Seperti pakaian dengan band collar pada umumnya, Anda juga bisa mengubah baju koko exclusive sebagai outfit yang kasual. Kuncinya terletak pada perpaduan celana dan aksesori lainnya. Sebagai busana kasual, Anda dapat mengenakan baju koko untuk aktivitas sehari-hari. Nah, berikut ide padu padan yang bisa dilakukan dengan mudah.

1.    Baju Koko dan Denim

Salah satu keunggulan kain denim adalah dapat menciptakan kesan yang kasual. Karena itu, jika Anda menggunakan pakaian berbahan denim, Anda bisa menyulap penampilan menjadi lebih santai. Namun, bukan berarti atasan dan bawahan harus berbahan denim. Baju koko dan celana berbahan denim juga merupakan perpaduan yang tepat untuk kesan kasual.
Penggunaan celana berbahan denim, atau umum dikenal dengan nama jeans, memang cukup akrab dalam keseharian. Celana denim bisa dipakai saat bepergian, nongkrong di kafe, atau bahkan menghadiri acara semiformal. Di sini Anda bisa menggunakan model skinny jeans untuk menciptakan kesan yang lebih santai.

2.    Kenakan Sneakers 

Fashion items selanjutnya yang wajib dimiliki oleh pria yang ingin tampil kasual adalah sneakers. Ini adalah alas kaki yang bentuknya tertutup dan nyaman digunakan. Sneakers bisa digunakan saat melakukan aktivitas sehari-hari atau saat melakukan traveling. Menggunakan sneakers untuk berjalan jauh juga tidak akan terlalu melelahkan.
Model sepatu sneakers sering digunakan untuk kegiatan olahraga. Alasnya yang terbuat dari karet memang terasa sangat fleksibel di telapak kaki. Bukan hanya fungsinya yang bermanfaat, sneakers juga dapat menciptakan kesan kasual bagi penggunanya. 
Sebagai contoh, sneakers bisa dipadukan dengan baju koko dan celana jeans. Saat menggunakan sneakers, Anda akan terlihat lebih energik. Jangan lupa untuk menyesuaikan model sneakers dengan baju koko. Warna senada akan memberikan kesan yang elegan dan menarik.


3.    Baju Koko Oversized dan Celana Slim Fit

Satu lagi padu padan baju koko exclusive yang dapat Anda pertimbangkan adalah dengan celana slim fit. Seperti diketahui, celana slim fit memiliki karakteristik mengerucut pada bagian ujung. Bentuknya seperti skinny jeans, tetapi dengan ukuran yang lebih longgar. Celana slim fit berbahan kain sangat cocok digunakan untuk bekerja di kantor atau menghadiri pesta.
Jika Anda ingin menggunakan baju koko tanpa terkesan terlalu kaku, padukan saja pakaian tersebut dengan celana slim fit berbahan kain. Agar gaya pakaian Anda tidak terlihat biasa-biasa saja, pilih model baju koko oversized atau memiliki ukuran yang lebih besar dan longgar.
Selain menggunakan celana slim fit, Anda juga bisa memadukan baju koko dengan sepatu pantofel. Sepatu yang berbahan kulit ini merupakan teman yang serasi dengan celana bahan. Outfit lengkap dari baju koko, celana kain, dan sepatu pantofel merupakan gaya yang tepat untuk datang ke pesta atau acara spesial.

4.    Baju Koko dan Celana Pendek

Siapa bilang baju koko yang dibeli di Blibli hanya cocok dipadukan dengan celana panjang? Ternyata, model pakaian pria ini juga bisa disandingkan dengan celana pendek. Baju koko lengan panjang atau pendek serasi disatukan dengan celana pendek di atas lutut. Namun, Anda perlu memilih model baju koko yang simpel dan santai. 
Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah pemilihan warna celana pendek yang polos. Anda juga bisa membuka sedikit kancing baju koko agar tidak terkesan kaku. Outfit seperti ini bisa digunakan saat hendak hangout di outdoor atau berlibur menikmati suasana alam. Baju koko yang simpel akan membuat kamu lebih nyaman saat beraktivitas.

5.    Baju Koko Sebagai Outer

Anda juga bisa mencoba gaya yang lebih santai dengan cara menjadikan baju koko sebagai outer. Pada bagian dalam, Anda bisa menggunakan kaos berwarna polos. Sebisa mungkin baju koko yang digunakan memiliki ukuran yang lebih besar atau longgar. Tujuannya supaya outfit ini tidak membuat kamu merasa gerah. 

Kesan yang hadir dari perpaduan baju koko dan innernya adalah style gaul dan keren. Gaya seperti ini cocok dipilih oleh mereka yang ingin tampil lebih muda. Hal yang harus diperhatikan adalah kombinasi baju koko sebagai outer dengan inner. Jangan sampai kedua pakaian ini memiliki warna yang tidak serasi karena akan membuat penampilan kurang maksimal.

6.    Baju Koko Bermotif dan Sandal

Gaya lainnya adalah dengan menggunakan baju koko yang bermotif, lalu memadukannya dengan alas kaki berupa sandal. Motif baju bergaris vertikal yang tebal akan menciptakan kesan yang elegan dan cocok untuk para pria tenang. Sebagai bawahan, Anda bisa mengenakan celana di atas mata kaki. Terakhir, tambahkan outfit sandal sebagai pelengkap.

Nah, ternyata memadukan baju koko dengan outfit lain agar terlihat lebih kasual memang tidak terlalu sulit. Padu padan yang tepat dengan menggunakan pakaian yang sudah dimiliki sebelumnya bisa membuat Anda tampil lebih maksimal. Semoga bermanfaat! (Adv)

Tags: